Select your language

    Translate from:

    Translate to:

Testimonials

Puas banget dengan Kopi Luwak Nusantara... Apalagi kalau disajikan menggunakan French Press
Denny, Semarang

Gallery

KOPI LUWAK KOPI LUWAK NUSANTARA KOPI LUWAK kl-tribe-jakarta-2013-4 Meeting at ITPC Vancouver Luwak Baby The Luwak kl-tribe-jakarta-2013

Pemeliharaan binatang luwak

Memelihara seekor luwak relatif lebih mudah dibandingkan merawat seekor kucing peliharaan. Pasalnya, luwak lebih tahan terhadap penyakit, seperti bulu rontok dibandingkan dengan kucing. Selain itu kebutuhan pakan luwak tidak terlalu mahal. Jika hendak memelihara luwak, sebaiknya seluruh aktifitas pada masa pemeliharaan dilakukan secara teratur dan tercatat. Pencatatan yang harus di lakukan diantaranya waktu pemberian pakan, bobot pakan luwak ketika di beri makan, jumlah feses setiap hari, dan jenis pakan kesukaan setiap luwak. Semua catatan sebaiknya disimpan dan diarsipkan sehingga dapat digunakan sebagai acuan dalam membuat rencana pemberian buah kopi kepada setiap luwak.

kopi luwak

Hipotesis sementara penulis berdasarkan pengalaman memelihara luwak dan mengikuti pelatihan pemeliharaan luwak, pola pakan berupa buah kopi segar sebaikanya dilakukan dua atau tiga hari sekali.

Jika hari senin diberikan pakan buath kopi segar yang sudah matang, pada hari selasa dan rabu sebaiknya diberikan asupan pakan selain kopi seperti uah pisang, pepaya, pir, daging, dan ikan. Selain itu, penulis menganjurkan pemberian susu atau telur sebagai variasi pakan. Sesekali dapat diberikan pakan berupa kadal atau ular. Menurut penuturan yang disampaikan petani kopi luwak, jenis reptil tersebut dapat bermanfaat untuk menambah nafsu makan dan di percaya sebagai obat untuk luka.

Namun jika luwak tidak menyukainya, tidak perlu dipaksakan. Pada hari kamis, pakan yang diberikan kembali lagi seperti pada hari senin, yaitu berubah buah kopi segar yang matang (full ripe). Setelah itu, pada hari jumat dan sabtu perlu divariasikan kembali dengan memberi pakan lainnya seperti buah, daging, ikan, dan susu.

Variasi pola makan seperti ini dapat menghindari stress yang mungkin terjadi pada luwak.

Terimakasih

Disadur dari buku “Mengeruk untung dari bisnis kopi luwak”

2 Responses to Pemeliharaan binatang luwak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>